SEJARAH & TENTANG KAMI

Sejarah Dan Tentang Kami

FISIP menempati Kampus B di Jl. Diponegoro No. 3 Kota Palangka Raya. Kampus B memiliki luas lahan mencapai 0.32 hektar, dengan berdiri 5 buah bangunan yang dibangun secara terpisah. Di dalam 5 buah bangunan tersebut terdapat 1 ruangan untuk ruang kuliah, 1 ruang kerja Dekan (di lantai 1), 1 ruang kerja Wakil Dekan, 1 ruang Tata Usaha dan administrasi fakultas , 1 ruang ketua program studi dengan ruang dosen, 1 ruang seminar atau ruang siding di lantai 2, 1 ruang baca fakultas, 1 ruang tempat tinggal sekuriti atau keamanan, 1 ruang untuk kegiatan mahasiswa yaitu BEM Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) di lantai 3, 1 ruang ketua dan dosen program studi Seni Pertunjukan, dan 1 ruang kantor yayasan. Untuk ruang kuliah masing-masing kapasitas ruangan dapat menampung sebanyak maksimal 40 orang mahasiswa. Setiap ruang kuliah memiliki fasilitas kipas angin, LCD proyektor, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) merupakan salah satu fakultas yang dikembangkan oleh Universitas Kristen Palangka Raya. FISIP berdiri bersamaan dengan didirikannya Universitas Kristen Palangka Raya dengan Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Tinggi Kristen Eka Sinta Gereja Kalimantan Evangelis (YPTKES-GKE) Nomor 116/YPTKES/I-a/5/87 tanggal 18 Mei 1987 dan diresmikan oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Provinsi Kalimantan Tengah Bapak Gatot Amrih, SH pada tanggal 4 September 1987. Tanggal 4 September adalah tanggal Dies Natalis Universitas Kristen Palangka Raya yang sekaligus juga menjadi tanggal Dies Natalis FISIP setiap tahun.

whiteboard, dan jaringan internet.

Fasilitas lain yang terdapat dalam lingkungan Kampus B ialah kantin yang dikelola mahasiswa, peralatan sanggar seni, tampat parkir yang luas, lapangan basket, lapangan futsal, Gereja Maranatha, asrama puteri, panti asuhan Imanuel, Klinik Eka Karigas, Fotocopy Vital, SMK Kristen, SMP Kristen, Kantor Majelis Resort GKE Palangka Raya Hilir, Kantor Perwakilan Majelis Sinode GKE Kalimantan Tengah. Kampus B juga mudah diakses karena merupakan wilayah pusat kota dan pusat keramaian kota, mudah diakses dengan angkutan umum perkotaan (angkot), dekat dengan Rumah Sakit Umum dr. Dorys Silvanus, dekat dengan Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, dan dekat dengan Taman Kota di halaman Kantor Gubernur.

Mulai tahun 2018 sudah dibuka program studi Seni Pertunjukan untuk tingkat jenjang strata 1 berdasarkan SK Menristekdikti RI Nomor 718/KPT/1/2017.

Kerjasama di bidang pengabdian pada masyarakat juga sudah dilaksanakan oleh FISIP yaitu dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka pemantauan pemilu tahun 2009 dan Pilkada Gubernur tahun 2010 serta sosialisasi Pemilu Legislatif tahun 2014.

Jumlah dosen yang dimiliki oleh FISIP lebih dari 6 orang dosen tetap, dan dosen tidak tetap. Dosen tetap kesemuanya adalah dosen Yayasan, dan belum ada dosen Kopertis. Di Fakultas sebagai tenaga administrasi dan tata usaha terdapat 1 orang Kepala Tata Usaha yang merupakan pegawai tetap Yayasan yang dibantu oleh tenaga honorer sebagai tenaga administrasi. Dari segi mahasiswa, FISIP merupakan fakultas yang memiliki peminat paling banyak di Universitas Kristen Palangka Raya yaitu dengan jumlah mahasiswa paling banyak dalam setiap tahun penerimaan mahasiswa baru.

FISIP sudah meluluskan ratusan alumni setiap tahun yang sudah bekerja dan tersebar di berbagi daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah atau wilayah lain seluruh Indonesia, serta menjalankan profesi di berbagai bidang. Ada diantara alumni yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil dan sudah memegang jabatan penting dan strategis di instansinya, ada yang menjadi politisi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), menjadi anggota partai politik, wartawan, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), konsultan, dosen, aparatur desa, wiraswasta, dll. Sekarang dalam proses melakukan pelacakan alumni (tracer studi) untuk melacak keberadaan dan jumlah alumni.